Ayobaca.in : Serunya Mendengarkan Buku

audiobook-teddybear-stock-photoBeberapa minggu yang lalu, salah satu teman saya membagikan sebuah informasi yang menarik, tentang ajakan dari tim ayobaca.in sebagai relawan untuk membacakan cerita lalu merekamnya agar dapat didengarkan teman-teman tuna netra. Mengetahui ini, saya kepengin sekali mencobanya karena saya merasa ini seru banget. Kita bisa membantu teman-teman tuna netra untuk bisa ikut tenggelam bersama cerita-cerita seru yang mungkin bagi kita gampang saja untuk membacanya. Tapi… saya sedikit khawatir untuk ikut.

Saya khawatir kalau suara saya itu tidak sreg di telinga orang karena jenis suara saya yang agak tebal, apalagi sesungguhnya kalau saya berbicara, logat Medan saya masih terikut sampai saat ini meskipun sudah sepuluh tahun merantau di Pulau Jawa. Ya takutnya, tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita dikira orang batak semua haha.

Sampai suatu saat di dalam keadaan yang tidak serius di mobil, teman saya membacakan cerita lalu kami yang lain mendengarkan dengan santai. Sudah lama tidak merasakan sensasi seperti ini, ‘didongengin’. Dan itu rasanya menyenangkan sekali, ketika ada orang lain yang membacakan cerita untuk kita dan kita tinggal mendengarkan sambil berimajinasi sesuai isinya.

dtr

Saya mengingat kembali ajakan untuk menjadi relawan membacakan cerita, lalu berniat membuang semua rasa khawatir yang saya rasakan sebelumnya, kemudian memutuskan untuk ikut (urusan logat biarlah itu dipikirkan belakangan, yang penting dicoba dulu haha).

Jadi, ayobaca.in adalah sebuah aplikasi pertama Indonesia yang bertujuan mengubah buku konvensional menjadi audiobook agar bisa dinikmati oleh para penyandang tuna netra. Aplikasi ini akan diluncurkan pada 13 Oktober 2016 nanti.

Nah, keunggulan dari aplikasi ini, para tuna netra dapat ‘membaca’ berbagai jenis buku, mulai dari buku ilmiah, modul, buku biografi, dan fiksi. Ini akan sangat membantu mereka, karena biasanya sangat sedikit akses yang mereka punya untuk bisa ‘membaca’ buku, seperti buku braille yang harganya lebih mahal dari harga buku biasa, dan audiobook yang masih berbentuk CD dengan jumlah distribusi yang terbatas.

Ayobaca.in juga membuka peluang bagi teman-teman yang mau jadi relawan untuk membacakan buku, tinggal rekam saja suara kamu melalui aplikasi ini. Judul dan jenis bukunya tidak ditentukan, terserah kamu mau buku apa saja yang ingin dibacakan, asal buku tersebut tidak berisi konten yang ‘tidak sopan’ ya hihi. Oia, audiobook ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui website, melalui aplikasi di handphone yang berbasis iOS dan Android, lalu bisa digunakan secara gratis tis tis! Udah mirip tukang jualan belum? Haha

Baiklah, mungkin informasi yang sedikit ini bisa dibagikan ke teman dan saudara dimana pun berada, atau bisa juga kamu  share ke teman-teman tuna netra yang membutuhkan. Sekian dan salam super…man.

2 pemikiran pada “Ayobaca.in : Serunya Mendengarkan Buku

Tinggalkan Balasan

