Hai, Miiko! Hai Dunia Komik, Lama Tak Bersua.

WhatsApp Image 2017-03-29 at 12.03.59 (4)

Sudah lama rasanya tidak membaca komik. Padahal dulu pas masih sekolah pasti ngga lupa untuk selalu mampir ke rental buku bacaan yang ada di depan sekolah buat meminjam beberapa komik. Membaca komik tidak membutuhkan waktu yang lama, dalam sejam saja mungkin dulu saya bisa menghabiskan tiga komik sekaligus.

Seiring berjalannya waktu dan ketika saya sudah kuliah, saya sudah jarang sekali membaca komik sampai sekarang. Hingga beberapa minggu yang lalu saya melihat info yang disebar oleh pihak M&C! mengajak bloger untuk mengikuti meet & greet bersama Ono Eriko Sensei, si penulis ‘Hai, Miiko!’. Melihat info itu, saya tertarik sekali ikut dan beruntungnya saya bisa terpilih untuk ketemu Ono Sensei di Gramedia Matraman pada tanggal 26 Maret 2017 yang lalu.

Saya memang tidak mengikuti secara rutin serta mengoleksi komik ‘Hai, Miiko!’, tapi dulu saya pernah membaca beberapa komiknya. Meski saya sudah lupa detail tokoh dan ceritanya, yang saya ingat adalah komik ‘Hai, Miiko!’ itu komik yang ringan dan lucu.

WhatsApp Image 2017-03-29 at 12.04.00 (1)

Setelah saya mengikuti meet & greet dengan Ono Sensei, saya jadi diingatkan kembali dengan kisah komik ‘Hai, Miiko!’. Di negara asalnya, Jepang, komik ‘Hai, Miiko!’ diterbitkan oleh penerbit besar Shogakukan. Komik ini lama kelamaan mampu menarik hati para pembacanya, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Kisah di komik ini menceritakan Miiko Yamada, seorang anak perempuan kelas 5 SD yang bertubuh mungil, tingginya hanya 122 cm haha. Meski tubuhnya kecil, tapi Miiko adalah anak yang bersemangat dan selalu riang. Dia anak pertama dari tiga bersaudara, keluarganya adalah keluarga yang ceria. Selain kisah Miiko di rumah, ada juga cerita seru Miiko di sekolah. Miiko dikelilingi oleh teman-temannya yang memiliki karakter khas masing-masing. Ada Mari yang suka menggambar komik, Tappei yang naksir Miiko dan teman-teman Miiko yang lain.

Komik ‘Hai, Miiko!’ tidak hanya menghibur, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan yang baik untuk pembacanya.  Ceritanya yang dekat dengan keseharian, membuat pembaca tidak sulit membayangkan kisah Miiko.  Saya paling senang dengan karakter Miiko, meski kecil dan terkesan lemah, tapi dia punya pengaruh yang kuat bagi sekitarnya. Saya sendiri tertular semangat dan cerianya Miiko haha. Selain Miiko, Tappei juga tak kalah ngegemesin (?), dia sosok yang baik dan selalu siap memberikan bantuan jika dibutuhkan.

WhatsApp Image 2017-03-29 at 12.04.00

Ono Eriko Sensei, Penulis Komik ‘Hai, Miiko!’

Saya sangat salut dengan karya Ono Sensei ini, ketika saya membaca ‘Hai, Miiko!’, saya seperti terhipnotis untuk menyukai semua cerita-cerita dan karakter di komik itu. Ternyata Ono Sensei mulai menggambar karakter Miiko itu sejak tahun 1989, wow, bahkan saya saja masih piyik haha. Sejak saat itu, karakter Miiko semakin berkembang dan pada tahun 1995 mulai diterbitkan di majalah Ciao, sebuah majalah yang berisi kumpulan komik Jepang. Lalu di Indonesia, komik ini diterbitkan oleh M&C! pertama kali pada tahun 2002. Di Indonesia, karya Ono Sensei ini sangat diminati banyak orang.

Saya membaca ‘Hai, Miiko!’ vol. 29 yang baru saja terbit di pertengah Maret 2017, setelah itu saya jadi ingin membaca ‘Hai, Miiko!’ edisi sebelum-sebelumnya karena penasaran dengan kisah Miiko lainnya.

Entah kenapa, rasa senang ketika membaca komik seperti yang saya lakukan dulu ketika sekolah kini muncul kembali. Saya jadi ingat, komik sempat mengiringi dunia saya dulu, saya seperti bertemu teman lama dan rasanya bahagia. Bahkan saat ini saya jadi berburu komik lainnya hanya untuk sekedar bernostalgia dengan dunia komik, dunia yang sempat lama saya tinggalkan.

Terima kasih M&C! yang memberi saya kesempatan untuk merasakan momen ini, saya sangat senang!

Tinggalkan Balasan

